PENGERTIAN ETIKA
Etika (Yunani
Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan")
adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang
mempelajarinilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan
penilaian moral. Etika
mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar,salah, baik, buruk,
dan tanggung jawab.
St.
John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat
praktis (practical philosophy).
Etika
dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat
spontan kita.Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena
pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk
itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan
oleh manusia.
Secara
metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai
etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam
melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai
suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia.Akan tetapi berbeda
dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki
sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk
terhadap perbuatan manusia.
Etika dibagi
menjadi 2, yaitu :
1. Etika
deskriptif
Etika yang berbicara tentang suatu fakta. Yaitu tentang
nilai dan pola perilaku manusia terkait dengan situasi dan realitas yang
membudaya dalam kehidupan masyarakat. Etika yang menyoroti secara rasional dan
kritis tentang apa yang diharapkan manusia mengenai sesuatu yang bernilai.
2. Etika normatif
Etika yang memberikan penilaian serta himbauan kepada
manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Etika
yang mengenai norma-norma yang menuntun tingkah laku manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
PENERAPAN ETIKA DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI
Beberapa penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari dalam dunia kerja yang
harus dipatuhi oleh pekerja diantaranya :
1. Etika berpakaian. Janganlah anda
mengenakan pakaian kantor yang terlalu seksi dan terbuka jika di kantor
terdapat peraturan mengenakan pakaian tertutup. Jangan sampai atasan dan rekan
kerja gerah melihat pakaian anda yang terkesan seksi. Tampil modis dan bergaya
tanpa membuka aurat yang seharusnya tertutup.
2. Etika bertelepon. Ketika anda menerima
atau menelepon menggunakan fasilitas kantor, hendaknya bukan digunakan untuk
urusan pribadi. Kalaupun anda kepepet menggunakan fasilitas telepon untuk
keperluan pribadi, jangan menggunakan line telepon terlalu lama. Apabila anda
bekerja sebagai costumer services suatu perusahaan, hendaknya selalu menyapa
dengan sopan setiap ada telepon masuk.
3. Etika berkomunikasi. Di kantor, anda
tak hanya bekerja pada atasan saja. Anda pun memiliki rekan kerja yang mungkin
saja seruangan dengan anda. Janganlah menjadi seorang pekerja yang masam.
Ketika anda datang, sapalah seluruh rekan kerja anda dengan senyum ramah
referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://fauzidremer.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar