Kamis, 03 November 2011

Makanan untuk kulit yang mengandung antioksidan


Kulit yang sehat adalah awal untuk memperoleh kulit yang cantik. Agar kulit bisa tampil sehat memerlukan makanan yang mengandung antioksidan.  

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain (sumber:wikipidea). Radikal bebas terjadi dari hasil interaksi metabolisme tubuh dengan faktor eksternal seperti asap rokok, sinar ultraviolet, polusi lingkungan dan lainnya.

Sebenarnya semua sel dalam jaringan organ tubuh dapat menangkan serangan radikal bebas. Namun, karena manusia pasti mengalami penurunan seiring bertambah usia, kemampuan untuk melawan radikal bebas ini otomatis menurun. Radikal bebas memiliki efek yang buruk terhadap kulit yaitu kulit menjadi keriput karena kehilangan elastisitas, warna kulit tidak merata dan noda kecoklatan karena matahari dan lain sebagainya.
Karena itulah kita membutuhkan antioksidan. Antioksidan berguna bagi kulit untuk menangkal radikal bebas. Saat antioksidan berada dalam tubuh, antioksidan menyerang radikal bebas dan saling berkaitan sehingga terbentuk radikal bebas yang baru yang lebih lemah dan relatif tidak membahayakan. Berikut ini daftar makanan yang banyak mengandung antioksidan :
  • Sayuran dan buah berwarna cerah seperti orange, kuning dan merah, seperti wortel , paprika, tomat dan lain sebagainya.
  • Sayuran berwarna hijau gelap , seperti paprika hijau, selada, brokoli
  • Tehhijau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar