Sabtu, 26 Mei 2012

Earth Hour


Gerakan earth hour merupakan kampanye lingkungan terbesar di dunia sebagai salah satu bentuk penanggulangan perubahan iklim dari masyarakat. Aksi ini mudah dilakukan. Masyarakat cukup mematikan listrik di rumah masing-masing selama satu jam. Earth Hour tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2012. Di Indonesia, sekitar 26 kota tercatat berpartisipasi dalam gerakan tersebut. Kali ini, tema yang diangkat adalah ini Aksiku ! Mana aksimu! Tema ini menantang dan mengajak masyarakat untuk melakukan aksi peduli lingkungan secara individu. Aksi tahun ini juga menambahkan kata 60+, melakukan aksi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa kota yang meramaikan aksi earth hour 2012
  • Kota Jakarta
Tahun ini earth hour ditanggapi dengan antusias oleh sejumlah komunitas dan perusahaan, terbukti dengan banyaknya gedung di sekitar jalan sudirman, thamrin, kuningan dan gatot subroto yang ikut memadamkan listrik. Lima landmark di Jakarta, seperti monas dan bunderan HI juga dipadamkan. Acara earth hour 2012 berpusat di central park mall, Jakarta. Hasilnya, sekitar 214 megawatt daya listrik dapat dihemat oleh warga ibukota.
  • Kota Solo
Kegiatan earth hour di solo, jawa tengah di warnai dengan kegiatan seni parade lentera. Aksi ini dipusatkan di kawasan Ngarsopuro dengan diadakannya pasar malam yang menjual hasil kerajinan local. Pemadaman di lakukan simbolis oleh walikota solo, joko widodo.
  • Kota Banda Aceh
2012 adalah tahun pertama bagi kota yang berada di ujung Indonesia ini mengikuti kampanye earth hour. Beberapa ikon kota banda aceh, seperti mesjid raya Baiturahman, balaikota banda aceh, museum tsunami, dan jembatan pante pirak dipadamkan pada pukul 21.00-22.00 waktu setempat. Acara earth hour 2012 ini dipusatkan di gedung balai kota Banda Aceh. Aksi ini diramaikan dengan kegiatan seni dari 500 komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar