Sabtu, 26 Mei 2012

Efek buruk dari sifat sinis


Meskipun komentar sinis kita hanya sedikit, tapi bias berdampak besar untuk orang lain. Berikut beberapa dampak buruk yang bisa diakibatkan :
  • Bikin orang lain tersinggung
Bahkan tanpa sadar kita bias jadi pem-bully di social media. Hasil penelitian National Crime Prevention Center, Amerika Serikat memperhatikan bahwa 60% cyber bullying remaja disana dimulai dengan adanya saling menghina yang dilakukan para remaja di social media.
  • Membuat prasangka yang salah
Kata-kata sinis di social media bias disalahartikan oleh orang lain. Karena orang lain tidak dapat melihat ekspresi dan intonasi bicara kita. Hal ini yang bikin pihak militer Amerika Serikat mengeluarkan peringatan kepada para tentaranya agar berhati-hati dalam berkomentar di social media, terutama yang berhubungan dengan SARA karena bias menimbulkan perang.
  • Memancing kericuhan public
Bagaikan menebarkan bensin ke dalam api, kalimat sinis kita bisa membuat masalah semakin besar dan berpotensi menimbulkan kericuhan. Apalagi karena social media jaringannya luas, masalah yang tadi nya hanya diketahui beberapa orang, jadi menyebar kemana-mana hingga sulit dikendalikan.
  • Terlibat masalah
Contohnya yang dialami siswa SMK di Bogor yang sempat dikeluarkan dari sekolah karena berkomentar jelek tentang sekolahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar