Sabtu, 12 Mei 2012

Kegiatan Untuk Meningkatkan Konsentrasi


Ternyata konsentrasi juga tergantung dari kegiatan yang kita lakukan . untuk meningkatkan konsentrasi , lakukan beberapa kegiatan mudah seperti dibawah ini :
  • TIDUR
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup bisa memulihkan sel-sel tubuh dan membantu proses perbaikan sel-sel otak. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Eric Eide dan Mark Showalter dari Brigham Young University (BYU), ternyata ada hubungan antara waktu tidur terhadap 1.724 siswa sekolah, ditemukan bahwa tidur 7 jam sehari bisa member manfaat lebih baik dalam proses belajar.
  • MAIN VIDEO GAMES
Banyak yang berpikir bahwa video games itu berdampak negative. Padahal kalau bermain dengan porsi yang pas, video games justru berdampak positif. Ini terbukti dalam riset yang dipimpin oleh Rolf Nelson, dosen di Wheaton College. Amerika Serikat yang melibatkan 20 anak untuk bermain video games selama 1 jam. Hasilnya, anak yang bermain video games jenis petualangan meningkat kecepatan berpikirnya. Sedangkan bermain video games jenis teka-teki meningkatkan akurasi berpikir. Soalnya, waktu bermain, kita butuh kecepatan , focus, dan pergerakan motorik dalam waktu bersamaan.
  • KUNYAH PERMEN KARET
Penelitian yang dipimpin ProF. Serge Onyper di St. Lawrence University, Amerika Serikat menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat memacu kinerja otak dan meningkatkan proses berpikir dalam pembentukan memori. Dalam riset ini, sejumlah siswa diminta untuk mengunyah permen karet selama 5 menit sebelum ujian . hasilnya, siswa yang mengunyah permen karet dapat menjawab ujian lebih cepat daripada siswa yang tidak mengunyah permen karet sebelum tes.
  • DENGARKAN MUSIK KLASIK
Ada hubungan yang menarik antara music dan kecerdasan manusia. Dalam buku berjudul Efek Mozart yang merangkum hasil penelitian Don Campbell dan Dr. Alfred Tomatis disebutkan bahwa music klasik terbukti bisa meningkatkan fungsi otak dan intelektual manusia secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar