Sabtu, 26 Mei 2012

MACAM-MACAM SOYA


Di Asia, soya diakrabi masyarakat setiap hari,. Keragaman soya dapat ditemui mulai dari pasar tradisional hingga supermarket canggih dalam berbagai bentuk seperti tempe, tahu, natto, miso, tauco, kembang tahu, susu, kecap, minyak, edamame hingga kapsul suplemen kesehatan. Jika anda berbelanj a ke supermartket etnis, seperti supermarket jepang atau korea. Anda akan menemukan banyka lagi derivaif olahan soya.

SOY MILK
Di amerika, karena manfaat soya untuk menurunkan kolesterol semakin disadari masyarakatnya yang healh conscious, soya hadir dalam bentuk susu ukuran galonan.

NATTO
Untuk mengawali hari, orang jepang sarapan natto dengan nasi panas. Natto yang diolah dengan proses fermentasi unik ini, memiliki aroma tajam dan rasa asin.

MISSO
Produk soya yang satu ini juga merupakan hasil olahan dengan metode fermentasi. Dari soup hingga aneka pangganan kerap memakai miso dalam resep masakan jepang.

TAUCO
Tauco bentuk lain dari olahan fermentasi . Tauco kerap dipakai sebagai bumbu masakan cina, malaysia, singapura dan indonesia.
 
OIL
Minyak soya yang dipasarkan kerap tampil dengan lebel “vegetable oil” Minyak sayur dari soya dinilai sehat karena mengandung 25% monounsaturated fat dan 50% linoleic acid.

KECAP
Kecap adalah hasil olahan soya dengan metode fermentasi menggunakan jamur aspergillus oryzae atau aspergillus sojae dengan campuran air dan garam

SUPLEMEN
Dalam bentuk bubuk, pil ataupun kapsul, ekstrak soya yang disebut dengan isoflavones adalah antioksidan yang dipercaya dapat menurunka resiko penyakit jantung, prostat dan kanker.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar